eJournal PIN

Program S1 PIN Fisip Universitas Mulawarman

Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara (Tengku Imam Syarifuddin)

Print Friendly, PDF & Email

Submitted by: Syarifuddin, Tengku Imam
On: Jan 24, 2019 @ 1:18 PM
IP: 203.78.117.86

  • Judul artikel eJournal: Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Tengku Imam Syarifuddin
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemenangan yang dilaksanakan oleh Kepala Desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2016. Keuggulan telak yang diperoleh Nasrullah dalam kompetisi Pilkades di Desa Santan Tengah, maka fokus penelitian menyoroti bagaimana Perumusan dan Pelaksanaan Strategi Pemenangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan dekskripsi pada masing masing variable yang di teliti. Analisi data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan Kepala Desa Terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah menggunakan teknik strategi Identifikasi Besaran (Size) dukungan dimana memiliki beberapa tahapan yaitu penempatan tim pemenangan, survey, dan identifikasi intensitas kampanye. Selanjutnya Strategi door to door atau pintu ke pintu dimodifikasi dengan menggunakan metode keterwakilan suara masyarakat oleh para tokoh-tokoh di desa memalui safari politik. Kelompok diskusi dilakukan untuk memperoleh data perumusan program, selain itu juga memungkinkan untuk melakukan pencitraan. Direct mass Campaign ditujukan untuk merebut suara dari masyarakat yang masih abu-abu dan terakhir Indirect mass campaign menggunakan facebook dan baliho sebagai media kampanye. Faktor penghambat hadir dari pendanaan. Faktor pendukung yaitu terstrukturnya tim pemenangan Nasrullah serta Sumber daya manusia yang berpengalaman.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): strategi pemenangan, kampanye politik, pemilihan kepala desa
  • NIM: 1502025192
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: 1. Dr. Erwin Resmawan, M.Si 2. Dr. Iman Surya M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): pin_tengku (01-24-19-01-18-46).pdf (335 kB)