eJournal PIN

Program S1 PIN Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Pelaksanaan Kepatuhan dalam Standar Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Bantuas Kota Samarinda (Muhammad Fadly Vinanda)

Print Friendly, PDF & Email

Submitted by: Vinanda, Muhammad Fadly
On: Oct 18, 2017 @ 2:44 PM
IP: 192.168.10.251

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Pelaksanaan Kepatuhan dalam Standar Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Bantuas Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Muhammad Fadly Vinanda
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berlangsungnya pelayanan oleh penyelenggara pelayanan publik maupun masyarakat dalam mematuhi standar pelayanan publik. Standar Pelayanan Publik diperuntukkan sebagai tolok ukur bagi pegawai maupun masyarakat dalam pelayanan publik guna menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dan mampu menyelenggarakan sesuai dengan aturan tertulis dalam penyelenggaraannya, dengan fokus penelitian yaitu Persyaratan pelayanan, Prosedur pelayanan, Jangka Waktu Pelayanan, Biaya/tarif pelayanan, Produk Pelayanan, dan Penanganan Pengelolaan Pengaduan pelayanan. Dari hasil penelitian ini, pelaksanaan kepatuhan dalam standar pelayanan publik di Kantor Kelurahan Bantuas Kota Samarinda yang merupakan Standar pelayanan publik sebagai tolok ukur dalam berlangsungnya penyelenggaraan pelayanan, namun masih saja ditemukan pihak-pihak oknum yang masih menyimpang dari aturan tersebut seperti persyaratan pelayanan yang tidak terpenuhi dalam pemenuhannya dan kedisiplinan pegawai yang melebihi pada jangka waktu pelayanan yang seharusnya pada saat jam kerja. Untuk itu perlunya pengawasan yang ketat oleh jajaran Pemerintah setempat, baik pihak Pemerintah Kota maupun Pemerintah Provinsi untuk mengawasi instansi di wilayahnya agar pelayanan sesuai dengan standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. Sehingga perlunya tingkat kesadaran oleh penyelenggara maupun masyarakat dalam memenuhi standar yang telah ada untuk dilaksanakan dengan maksimal sehingga menciptakan pelayanan yang baik dan berkualitas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): standar pelayanan publik, Kelurahan Bantuas, pelayanan publik, pegawai
  • NIM: 1402025231
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: 1. Drs. Endang Erawan, M.Si dan 2. Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
  • Volume: 5
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): pin_fadly_standar_pelayanan_publik_ganjil (10-18-17-02-44-35).pdf (281 kB)