eJournal PIN

Program S1 PIN Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Pelayanan Informasi Melalui Website Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda (Ramadhan Aunur Rahman)

Print Friendly, PDF & Email

Submitted by: Rahman, Ramadhan Aunur
On: Feb 5, 2020 @ 10:58 AM
IP: 125.160.66.147

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Pelayanan Informasi Melalui Website Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Ramadhan Aunur Rahman
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana efektivitas pelayanan informasi melalui website Kecamatan Samarinda Ilir yang beralamatkan https://kec-samarinda-ilir.samarindakota.go.id dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, dimana dapat dilihat berdasarkan beberapa indikator, yaitu : 1) Ketepatan Sasaran Program, 2) Sosialisasi Program, 3) Tujuan Program, 4) Pemantauan Program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda. Pelayanan informasi melalui website adalah salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai strategi dalam melakukan pengembangan terhadap pelayanan publik seiring dengan berkembangnya teknologi, atau disebut dengan e-Government. Tujuan dari pelaksanaan e-Government berupa website yakni untuk percepatan dalam pelayanan publik. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan program pelayanan informasi melalui website di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda belum sepenuhnya efektif. Hal ini dibuktikan dengan beberapa faktor yakni Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir sudah melaksanakan program tersebut dengan baik, namun dari segi masyarakat yang berperan sebagai sasaran dalam program tersebut belum sepenuhnya berminat untuk memanfaatkan pelayanan informasi melalui website tersebut. Sehingga belum tercapainya timbal balik yang baik antara Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir dengan masyarakat dalam pelaksanaan program pelayanan informasi melalui website Kecamatan Samarinda Ilir. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program tersebut belum sepenuhnya tercapai karena kurangnya timbal balik antara Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir dan masyarakat dalam pelaksanaan program tersebut.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): efektivitas, pelayanan, e-government, website, kualitas
  • NIM: 1602025157
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Iman Surya, M.Si, dan Drs. Daud Kondorura, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): ADAN (02-05-20-10-58-39).pdf (233 kB)