Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur (Satryo Bagus Kuncoro)
Submitted by: Kuncoro, Satryo Bagus
On: Jan 30, 2017 @ 1:20 PM
IP: 192.168.10.26
- Judul artikel eJournal: Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur
- Pengarang (nama mhs): Satryo Bagus Kuncoro
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Artikel ini menyoroti kepuasan masyarakat Kecamtan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, dengan memfokuskan diri pada pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai. Penelitian dalam rangka penulisan skripsi ini dilakukan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Melihat fenomena tersebut, maka penulis mencoba untuk melihat hubungan atau pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur dengan sampel yang berjumlah 99 orang menggunakan metode probability sampling. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara observasi, penyebaran kuesioner, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi pearson product moment, analisis korelasi parsial, analisis regresi linear berganda, kecermatan prediksi dan analisis koefisien penentu atau koefisien determinasi. Setelah digunakan rangkaian uji statistik, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, semangat kerja pegawai memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Kemudian secara bersama-sama pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur yaitu sebesar 45,5 %, yang berarti bahwa sisanya 54,5 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): kualitas pelayanan, semangat kerja, kinerja pegawai, Kecamatan Bengalon
- NIM: 1302025363
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
- Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: 1.Dr. Phil. I Ketut Gunawan, MA, dan 2. Dr. H. Achmad Djumlani, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
- Volume: 5
- Nomor: 2
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): pin_satryo_kepuasan (01-30-17-01-20-26).pdf (315 kB)