Studi Tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Muara Wahau II Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur (Livia Dewi Andani)
Submitted by: Andani, Livia Dewi
On: Feb 25, 2019 @ 2:38 PM
IP: 192.168.101.176
- Judul artikel eJournal: Studi Tentang Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Muara Wahau II Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur
- Pengarang (nama mhs): Livia Dewi Andani
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Muara Wahau II Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Muara Wahau II Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelayanan kesehatannya yang belum seluruhnya maksimal dilihat dari 5 fokus yang digunakan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat. Kedisiplinan petugas pelayanan dapat diketahui dari tingkat ehadiran petugas pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan masih banyak petugas yang datang terlambat, Tanggungjawab petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya diperhatikan masih ada petugas yang sibuk dengan urusan pribadi masing-masing dan kurang memperhatikan pasien, Kemampuan petugas pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya dikarenakan masih ada petugas yang sibuk dengan urusan pribadi masing-masing dan kurang memperhatikan pasien, Kemampuan petugas pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya dikarenakan masih ada petugas dalam melaksanakan pekerjaannya merangkap yaitu mengerjakan pekerjaan lain dari tugas pokoknya, Kenyamanan lingkungan masyarakat merasa kurang puas dikarenkan kebersihan lingkungan sekitar Puskesmas yang kumuh dan tidak bersih, Keamanan pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan tidak adanya petugas khusus menjaga keamanan sehingga masih sangat rawan tindak kejahatan.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): indeks kepuasan masyarakat, pelayanan kesehatan.
- NIM: 1502025168
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
- Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: 1. Dr. Rita Kalalinggi, M.Si 2. Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
- Volume: 7
- Nomor: 3
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): pin_livia (02-25-19-02-38-30).doc (99 kB)