eJournal PIN

Program S1 PIN Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Penerapan Electronic Filling Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kutai Timur (Ryan Gusti Wijaya)

Print Friendly, PDF & Email

Submitted by: ,
On: Feb 14, 2022 @ 2:40 PM
IP: 125.160.112.127

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Penerapan Electronic Filling Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kutai Timur
  • Pengarang (nama mhs): Ryan Gusti Wijaya
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian dalam rangka penulisan skripsi ini dilakukan untuk menganalisis Penerapan Electronic Filling Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wajib Pajak. Latar belakang dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya sistem online E-Filling diharapkan dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi wajib pajak dalam menyampaikan SPT di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kutai Timur. Melihat fenomena tersebut, maka penulis mencoba untuk melihat penerapan E-Filling dalam meningkatkan kualitas pelayanan wajib pajak. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kutai Timur dengan sampel yang berjumlah 99 orang menggunakan metode sensus. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara observasi, penyebaran kuesioner, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data melalui tabel, grafik, perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral), standard deviasi, dan perhitungan prosentase. Setelah digunakan rangkaian uji statistik, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan E-Filling memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan wajib pajak di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kutai Timur. Kemudian penerapan E-Filling dalam meningkatkan kualitas pelayanan wajib pajak di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupaten Kutai Timur yaitu sebesar 84%, yang berarti bahwa sisanya 16% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Electronic Filling, Kualitas Pelayanan Wajib Pajak, Pajak
  • NIM: 1602025160
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Program S1 Pemerintahan Integratif
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: 1. Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si, 2. Nur Hasanah, S.sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Pemerintahan Integratif
  • Volume: 8
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): pin_ryan (02-14-22-02-40-47).pdf (217 kB)